Kumpulan Artikel, Bisnis, Ide Kreatif, Tips Trick, Dan Lain-Lain.

Strategi Menumbuhkan Mindset dalam Bisnis

Strategi Menumbuhkan Mindset dalam Bisnis

Dalam menjalankan suatu bisnis, Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu kita perlu memiliki mindset (cara pandang) yang selaras dengan tujuan kita. Mindset atau cara pandang di dalam mensiasati segala urusan merupakan pondasi yang sangat penting di setiap aspek kehidupan, termasuk dalam berbisnis. Untuk memunculkan mindset dalam bisnis diperlukan proses yang cukup lama, perlu kesabaran, keberanian, dan ketekunan. Bahkan juga dibutuhkan pengorbanan berupa pikiran, tenaga, dan finansial yang cukup besar. Membangun mindset sendiri itu biasanya berawal dari sesuatu yang kita tidak senangi sebelumnya. Oleh karena itu, untuk membangun mindset yang bagus, seseorang harus mempunyai kebiasaan untuk melakukan hal-hal yang tidak nyaman bagi dirinya.

Strategi Menumbuhkan Mindset dalam Bisnis

Terkadang kita pengen meraih sesuatu yang kita impikan, tapi kita sendiri tidak melakukan apa-apa untuk mewujudkan hal tersebut. Mindset ini harus kita ubah, karena apa? Bila seseorang, siapapun pengen mewujudkan sesuatu, lakukanlah cara bagaimana sesuatu tersebut bisa kita dapatkan atau kita raih. Ketika dalam memulai bisnis online untuk pertama kalinya, seseorang biasanya merasa kurang nyaman karena ada beberapa hal-hal dan istilah baru, dan tidak tahu harus mulai dari mana.
Kuncinya adalah kita harus berani melakukan hal tersebut saat ini juga dan fokus pada hasil akhir yang kita inginkan. Dengan begitu, kita akan terbiasa untuk melakukannya. Meskipun banyak kebingungan dan ketidaknyamanan, justru itu tandanya kita sedang belajar.
Talk less Do more.....

Untuk menuju kesuksesan, seseorang juga harus konsentrasi pada satu hal dan melakukannya hingga selesai. Fokus pada satu hal, dan lakukan saat ini juga. Percuma melakukan banyak hal sekaligus, namun tidak ada yang terselesaikan, alias berserakan.
Ketika dalam memulai menemukan jalan awal, menekuni bisnis online. Rasanya ingin sekali menggunakan banyak metode dan peluang yang ingin diraih. Apalagi ketika kita melihat teman atau saudara kita yang sukses dalam bidang yang mulai kita tekuni seperti bisnis online, kita akan lebih semangat lagi dalam melakukan bisnis online tersebut. Dengan melakukan proses seperti ini, Anda akan berproses untuk menemukan kecondongan pribadi atau minat Anda di bisnis online. Biasanya orang-orang menyebutnya dengan isitilah passion. Untuk menemukannya, Anda tidak harus memulainya dengan sempurna. Cukup perlu memulai dan menjalaninya…
Temukan Passion dalam diri
Banyak yang ingin memulainya dengan sempurna, sehingga takut dan bingung untuk melangkah. Akhirnya mereka hanya menunda-nunda dan diam, tidak pernah melakukannya. Ketika Anda sudah menemukan sebuah passion, tekunilah bidang tersebut, cari informasi yang diperlukan, dan selesaikan hingga tuntas. Di sinilah perjalanan menuju kesuksesan Anda akan dimulai. Anda akan belajar jauh lebih cepat dengan melakukan praktik langsung.
Passion ibarat bahan bakar yang siap men-charge diri Anda kapan pun ketika diperlukan. Sekali Anda melangkah, jangan pernah berhenti dan menyerah. Karena perjalanan yang Anda lalui akan menuntun menuju kesuksesan Anda. Jangan pernah menyerah kawan!!!
Gunakan alat bantu, coaching, dan mentor yang akan mempercepat proses pembelajaran. Berkumpul dengan orang-orang yang menurut ukuran Anda mereka sudah sukses, akan sangat membantu. Anda bisa belajar banyak dari kegagalan dan kesuksesan dari mereka.
Bangun BASIS (Bisnis, Aset, Sistem)
Untuk memulai suatu usaha yang pertama kalinya, adalah mengasah kemampuan menjua kita. Namun Anda tidak boleh lupa, bahwa yang namanya membangun bisnis itu sama juga artinya dengan membangun aset. Artinya Anda harus memikirkan bagaimana cara membangun sebuah sistem.
Ilustrasinya seperti gambar berikut:

Strategi Menumbuhkan Mindset dalam Bisnis

Jadi membangun bisnis online bukan semata-mata untuk jualan via online saja. Namun alangkah baiknya juga kita barengi dengan membangun sistem alur bisnis, membangun tim kerja, mengumpulkan modal kerja, membeli software / aplikasi yang kita butuhkan, termasuk juga membuat website yang berguna sebagai tools marketing online, dan lain sebagainya.
Lalu bagaimana jika ada sesuatu hal sehingga memungkinkan kita tidak bisa bekerja untuk waktu yang agak lama?

Strategi Menumbuhkan Mindset dalam Bisnis

Nantinya aset-aset tersebut yang akan bekerja untuk kita, sehingga memungkinkan agar yang sebelumnya kita keluar tenaga fisik yang banyak, akhirnya dengan adanya aset-aset tersebut bisa ikut mengurangi prosentase kerja fisik kita. Misalnya, yang tadinya dari proses menangani pemesanan, packing barang, sampai pengiriman kita tangani sendiri, dengan adanya tim kerja hal-hal tersebut bisa didelegasikan. Hal-hal yang sebelumnya terasa ribet, bisa otomatis dilakukan dengan bantuan software tersebut. Inilah yang dinamakan bangun BASIS (Bisnis Aset Sistem). Jadi, milikilah mindset bisnis online yang benar, sebelum Anda benar-benar kecewa di kemudian hari.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Baca juga 10 Langkah Memulai Usaha dan Kunci meraih Sukses

Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, silahkan berlangganan email dan like artikel ini.
Tag : Entrepreneur
0 Comments for "Strategi Menumbuhkan Mindset dalam Bisnis"

-Silahkan berkomentar dengan bijak
-Dilarang SPAM atau menaruh link aktif pada komentar
-Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya dengan baik

Back To Top