Kumpulan Artikel, Bisnis, Ide Kreatif, Tips Trick, Dan Lain-Lain.

Cara Membuat Kripik Daun Singkong.

Cara Membuat Kripik Daun Singkong.

Assalamu’alaikum Wr. Wb...   
Singkong merupakan salah satu dari tanaman yang dapat tumbuh di tanah yang basah maupun tanah yang tandus sekalipun. Biasanya singkong ini diolah sebagi makanan, saus, dan lain-lain. Singkong sendiri juga merupakan tanaman yang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memanennya. Hanya beberapa minggu tanaman ini siap dipanen.

Banyak orang-orang yang hanya meanfaatkan singkong di bagian buahnya saja. Padahal semua bagia tanaman tersebut bisa dimanfaatkan. Mulai dari bagian akar, batang, daun, buah bisa dimanfaatkan semuanya. Nah, disini anda semua pasti penasaran dan bertanya-tanya. Apakah daun singkong bisa dimanfaatkan? Dan bagaimana cara memanfaatkan daun singkong tersebut? Anda pasti belum terpikirkan tentang kripik daun singkong. Untuk lebih jelasnya kita simak berita selengkapnya.

Di Klaten, Daun singkong bisa diolah menjadi keripik yang cukup renyah dan gurih. Seperti yang dilakukan Ibu Eni Kurniasih, warga Dusun Kahuman, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Berawal dari keinginannya untuk memanfaatkan daun singkong yang banyak tumbuh di lingkungan rumahnya dan untuk menambah pendapatan keluarga, kini keripik buatanya ternyata cukup laku di pasaran.

“Awalnya saya mencoba memanfaatkan daun tanaman singkong yang daunnya terbuang sia-sia. Melihat daun singkong yang biasa dimasak sebagai sayur saya berfikir untuk memanfaatkannya sebagai cemilan,” tutur Ibu Eni.
Bermodal keahliannya dalam memasak, akhirnya Ibu Eni mampu mengolah daun singkong menjadi keripik yang renyah ini. Proses pembuatannya cukup mudah, yaitu: daun singkong yang sudah dicuci direbus dengan air hingga mendidih kemudian dicuci lagi. Setelah itu lembaran daun singkong yang sudah direbus satu persatu dibuat lintingan lalu mencampurnya dengan adukan bumbu keripik yang sudah disiapkan dan tinggal dilakukan penggorengan.
Dibantu beberapa karyawannya, hasil produksi keripik daun singkong kini mampu memenuhi kebutuhan hingga Kabupaten Rembang. “Keripik daun singkong masakan kami saat ini sudah laku di Kabupaten Rembang, selain di sana, kami juga memenuhi sejumlah pasar di Soloraya,” tutur Ibu Eni.
Harga keripik daun singkong juga cukup terjangkau, dalam kemasan berisi 10 gram kripik singkong dijual seharga Rp 6.500,- sedangkan setiap 1 kilogram dijual seharga Rp 45.000,-. Setiap bulannya untuk keripik daun singkong kini sudah beromset sekitar 5 jutaan.
Bagaimana, mudah kan cara pembuatannya.. Anda semua pastinya bisa mengolah kripik dari bahan yang lain kan?? Baik dari daun pepaya, daun mangga, maupun yang lain.
Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb..
Tag : Ide Kreatif
12 Comments for "Cara Membuat Kripik Daun Singkong."

baru tau nih kripik daun singkong
pengen buat jadinya gue nih hehe

fanspagenya udah ane like atas nama Aditya Manung like back ya sob SimBale - Download Software Gratis

kalau mau mencoba daun singkong banyak dipasar pasar,perlu partai besar bisa di faridnls@yahoo.com

hehe kalau belum dicoba belum tahu rasanya gan

iya gan, tapi sedikit sekali orang yang tahu akan resep ini hehe

-Silahkan berkomentar dengan bijak
-Dilarang SPAM atau menaruh link aktif pada komentar
-Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya dengan baik

Back To Top