Kumpulan Artikel, Bisnis, Ide Kreatif, Tips Trick, Dan Lain-Lain.

Tips Membuat Ekstrak Kulit Manggis yang Mudah

Assalmu’alaikum...
Selamat malam rekan-rekan Ayo Trial.
Tips Cara Membuat Ekstrak Kulit Manggis saat ini sudah menjadi informasi terpopuler di bidang pengobatan herbal dan tradisional. Dengan kandungan alami di dalamnya, kulit manggis dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit termasuk tumor dan kanker yang kebanyakan proses penyembuhannya adalah dengan operasi. Tips ini nantinya diharapkan bisa membantu rekan-rekan dalam pembuatan ekstak kulit manggis. Sebelum kita menuju ke tipsnya, alangkah baiknya kita tahu apa yang dimaksud Ekstraksi...

Ekstraksi adalah proses pemisahan suatu zat berdasarkan perbedaan kelarutannya terhadap dua cairan tidak saling larut yang berbeda.
Proses ekstraksi dapat berlangsung pada:
  • Ekstraksi parfum, untuk mendapatkan komponen dari bahan yang wangi.
  • Ekstraksi cair-cair atau dikenal juga dengan nama ekstraksi solven.
  • Leaching, adalah proses pemisahan kimia yang bertujuan untuk memisahkan suatu senyawa kimia dari matriks padatan ke dalam cairan.
Penyiapan bahan yang akan diekstrak dan pelarut Selektivitas Pelarut hanya boleh melarutkan ekstrak yang diinginkan, bukan komponen-komponen lain dari bahan ekstraksi. Dalam praktik, terutama pada ekstraksi bahan-bahan alam, sering juga pada bahan lain (misalnya lemak, resin) ikut dibebaskan bersama-sama dengan ekstrak yang diinginkan.

Tapi kini, dengan banyaknya penelitian-penelitian para ahli, terdapat banyak nutrisi yang terkandung dalam kulit manggis, seperti karbohidrat (82,50%), protein (3,02%), dan lemak (6,45%). Selain itu, kulit buah manggis juga mengandung senyawa yang berperan sebagai antioksidan seperti antosianin (5,76,2 mg/g), xanton dan turunannya (0,7-34,9 mg/g). Penelitian Weecharangsan et al. menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah manggis mempunyai potensi penangkap radikal bebas. Selain itu, kulit buah manggis memiliki manfaat sebagai antikanker, pengobatan penyakit jantung, anti inflamasi, antibakteri, dan anti-aging.

Berikut ini adalah Tips Membuat Ekstrak Kulit Manggis, cekidoot...

1, Siapkan 3 buah manggis segar yang mempunyai kualitas bagus (tidak cacat dan tidak busuk)
2, Cuci bersih buah manggis hingga bersih.
3, Kupas kulit manggis, dan kerok bagian dalam kulitnya yang berwarna merah, usahakan tidak terkena bagian hitam kulit manggis (kulit luar) dan jangan sampai getahnya ikut-ikutan terambil, karena dapat menyebabkan rasa pahit nantinya.
4, Kulit manggis dimasukkan ke dalam blender (yang diblender adalah semua bagian dari buah, kulit, isi dan daging buah menjadi satu kesatuan sebagai obat)
5, Setelah di masukkan ke dalam blender tambahkan air mineral 500ml (1 gelas besar)
6, Kemudian tambahkan madu (bukan gula) untuk mengurangi rasa pahit (karena gula berakibat buruk bagi penderita diabetes)
7, Langkah terakhir adalah menyaring jus kulit manggis dan masukkan ke dalam kulkas, karena penyajian dalam keadaan dingin lebih nikmat.
8, Untuk mendapat khasiat lebih baik, sebaiknya dicampur dengan apel, anggur dan beberapa kuntum bunga rosella segar.
9, Sebaiknya diminum setelah makan.

Itulah tips membuat ekstrak kulit manggis yang bisa saya sampaikan.

Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum...


Tag : Tips Trick
0 Comments for "Tips Membuat Ekstrak Kulit Manggis yang Mudah"

-Silahkan berkomentar dengan bijak
-Dilarang SPAM atau menaruh link aktif pada komentar
-Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya dengan baik

Back To Top