Kumpulan Artikel, Bisnis, Ide Kreatif, Tips Trick, Dan Lain-Lain.

TIPS BERKENDARA YANG AMAN SAAT HUJAN

TIPS BERKENDARA YANG AMAN SAAT HUJAN

Cuaca yang sangat ekstrem merupakan salah satu kendala yang harus diwaspadai saat berkendara. cuaca yang ekstrem sangat menggangu para pengendara di jalan. akibatnya, sering terjadi kecelakaan di jalan raya. oleh karena itu disini admin akan membagikan sedikit tips berkebdara yang aman untuk anda semua.
tips berkendara yang aman saat hujan adalah sebagai berikut:
ü  Periksalah Keadaan Ban Anda dengan Teratur
ü  Jangan Mengebut saat Berkendara
ü  Mengendalikan Mobil/Motor saat Jalan Licin
ü  Jaga Jarak dengan Kendaraan yang di Depan
ü  Ikutilah Jalur Kendaraan di Depan Anda
ü  Persiapkanlah Perjalanan Anda
ü  Menghindari dan Mengendalikan Air Mengalir - Banjir
ü  Ketika Hujan Lebat, Berhentilah !
ü  Hujan Pertama Membuat Jalanan Licin
ü  Cuaca Mendung Mengurangi Jarak Pandang
ü  Keringkan Rem Anda Setelah Terkena Air
ü  Jangan Berkendara saat Lelah

Periksalah Keadaan Ban Anda dengan Teratur
Selalu cek ban anda sebelum Anda mengemudi. Periksalah, hal tersebut dengan cermat dan teliti: Jaga tekanan udara ban. Tekanan udara yang betul diatur oleh pabrik mobil dan dapat ditemukan di balik pintu, kotak samping pintu, kotak dashboard atau pintu bahan bakar. Juga terdapat di buku manual. Angka yang terdapat di sisi ban bukan merupakan tekanan udara yang direkomendasikan bagi ban kendaraan Anda. Hal itu adalah kemampuan ban menerima beban maksimal tekanan udara. Anda harus melakukan pengecekan tekanan ban setidaknya sebulan sekali. Cek juga kedalaman tapak. Tapak yang baik akan melindungi ban Anda dari slip dan banjir.
Jangan Mengebut saat Berkendara
Saat hujan turun, air akan bercampur dengan beberapa bahan lainnya, seperti kotoran, minyak yang membuat jalan menjadi licin. Cara terbaik menghindarinya yaitu dengan mengemudi secara hati-hati. Hal ini akan mempermudah ban anda menyesuaikan dengan perubahan cuaca, untuk daya cengkram yang lebih baik.
Mengendalikan Mobil/Motor saat Jalan Licin
Tergelincir dapat terjadi pada semua pengemudi. Apabila Anda mengalaminya, ingatlah untuk tidak menginjak rem mendadak. Jangan menginjak rem berulang-ulang bila mobil Anda dilengkapi anti-lock braking system (ABS). Melainkan, injaklah rem dengan hati-hati dan tekanan yang tepat agar stir dan rem dapat menyesuaikan dengan keadaan saat tergelincir.
Jaga Jarak dengan Kendaraan yang di Depan
Mengemudi saat jalan basah disarankan agar berhati-hati – stir, rem dan pedal gas dan hal-hal yang membahayakan lainya. Saat Anda memulai perjalanan dalam kondisi hujan, sepatu Anda bisa basah dan licin saat menginjak pedal gas. Keringkan alas kaki sebelum mengendarai kendaraan. Kendaraan harus dalam kondisi baik, cek lah kondisi lampu besar, lampu samping, lampu rem dan sistim indicator bekerja baik. Saat hujan melakukan pengereman akan menjadi tiga kali lebih lama dibandingkan saat kering/panas. Perhatikan jarak kendaraan, karena anda perlu berada di belakang mobil yang berada dihadapan anda dengan jarak lebih jauh. Jagalah jarak setidaknya dua mobil di depan anda sehingga terdapat jarak yang cukup.
Ikutilah Jalur Kendaraan di Depan Anda
Hindari menggunakan rem. Berusahalah untuk mengurangi kecepatan dengan mengurangi tekanan pada pedal gas. Nyalakan lampu besar, sekalipun hujan rintik2. Bukan hanya anda yang akan mudah melihat, namun kendaraan lain juga akan mudah melihat anda.
Persiapkanlah Perjalanan Anda
Mengemudi saat hujan memerlukan perlakuan yang hati-hati terhadap alat-alat penting dalam mengemudi – stir – (clutch), rem dam pedal gas – dan kemungkinan kesalahan lain yang bisa terjadi. Saat anda memulai perjalanan dalam kondisi hujan, alas sepatu anda bisa saja basah dan licin saat menginjak pedal gas. Keringkan alas sepatu anda sebelum mulai mengemudi. Lakukan pengecekan rutin pada fungsi lampu besar, lampu samping, lampu rem dan sistim indicator bekerja dengan baik.
Bagaimana Cara Menghindari dan Mengendalikan Air Mengalir - Banjir ?
Aquaplanning dapat terjadi saat air yang berada di depan anda mengalir kencang menuju ban anda yang dapat mengangkat ban anda dan mengarahkannya keluar jalur. Tekanan air dapat mengakibatkan mobil anda meluncur dan mengambang dikarenakan adanya air diantara jalan dan ban. Pada sat ini, kendaraan anda tidak dapat menyentuh jalan/mengambang, dan anda dalam keadaan bahaya yang dapat menyebabkan tergelincir atau hanyut keluar dari jalur. Untuk menghindari aquaplaning jagalah tekanan ban, gantilah ban anda bila tidak lagi layak dipakai, pelankan kendaraan saat jalanan basah, hindari genangan air. Cobalah mengikuti jalur mobil yang ada di depan anda. Bila anda terjebak dalam aquaplaning, jangan menginjak ban mendadak. Hal ini dapat mengakibatkan anda tergelincir. Kurangi takanan gas anda hingga mobil melambat dan anda dapat merasakan mobil anda menyentuh tanah kembali. Bila anda perlu menginjak rem, lakukan perlahan dengan gerakan memompa. Bila mobil anda memiliki ABS, rem-lah seperti biasa, computer mobil anda akan melakukan mimic action, saat diperlukan.
Ketika Hujan Lebat, Berhentilah !
Hujan lebat dapat mengganggu wiper anda, air hujan yang deras akan menutup kaca depan mobil anda. Saat pendangan menjadi terbatas dan anda tidak dapat melihat bahu jalan atau kendaraan lain dengan jarak yang aman, anda harus menepi dan menunggu hujan reda. Berhentilah pada tempat yang aman dan bisa untuk berteduh. Bila harus berhenti di bahu jalan, berhentilah secepatnya dan tunggu hingga badai mereda. Tetap nyalakan lampu besar dan lampu hazard agar mudah terlihat kendaraan lain.
Hujan Pertama Membuat Jalanan Licin
Hujan pertama membuat sulit mengemudi, karena tanah, minyak dari jalan bercampur dengan air dan membentuk lapisan yang licin. Pengemudi berpengalaman akan mengurangi kecepatan, dan berhati-hati pada saat-saat awal hujan turun.
Cuaca Mendung Mengurangi Jarak Pandang
Berhati-hatilah saat melewati kendaraan lain Karena bila jarak pandang berkurang, anda Cuma dapat meliha dalam skala beberapa meter saja.
Keringkan Rem Anda Setelah Terkena Air
Bila saat anda mengemudi melewati genangan air yang cukup dalam, rem anda akan basah, ijaklah rem secara perlahan untuk mengeringkannya.
Jangan Berkendara saat Lelah
Berhentilah setidaknya beberapa puluh menit setelah mengemudi untuk beristirahat.
Sekian, semoga bermanfaat dan tetap hati-hati di jalan. Semoga selamat sampai tujuan.
Tag : Tips Trick
0 Comments for "TIPS BERKENDARA YANG AMAN SAAT HUJAN"

-Silahkan berkomentar dengan bijak
-Dilarang SPAM atau menaruh link aktif pada komentar
-Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya dengan baik

Back To Top